Puasa sunnah adalah puasa yang tidak wajib bagi umat Islam. Jika seorang muslim melakukannya, maka dia akan mendapat pahala, sedangkan jika tidak, dia tidak mendapat dosa.

Ada berbagai jenis puasa sunnah yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Puasa sunnah jenis ini juga sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Banyak keutamaan puasa sunnah tergantung dari jenis puasa sunnah itu sendiri.

Berikut adalah berbagai jenis puasa sunnah yang dapat dilakukan setiap Muslim untuk meningkatkan pahala mereka:

Puasa Senin Kamis

Puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis merupakan puasa sunnah yang sangat populer di kalangan umat Islam. Sederhananya, itu adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis.

Salah satu keutamaan puasa pada hari Senin dan Kamis adalah pada hari-hari tersebut pintu-pintu surga dibuka. Pernyataan ini ada dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yang juga mengungkapkan bahwa (pada hari itu) dosa-dosa seorang hamba yang tidak menyekutukan Allah akan diampuni, kecuali yang ada kebencian dan perpecahan antara dia dan saudaranya.

Puasa Syawal

Syawal sendiri adalah nama bulan setelah bulan Ramadhan. Puasa Syawal artinya puasa pada bulan Syawal selama enam hari. Puasa ini bisa dilakukan secara berurutan mulai hari kedua Syawal ataupun tidak berurutan.

Puasa Arafah

Puasa Arafah merupakan salah satu jenis puasa sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Adapun bagi umat Islam yang pergi haji, puasa pada hari Arafah atau tanggal 9 Dzulhijjah tidak ada gunanya. Puasa Arafah sendiri memiliki keistimewaan bagi yang melakukannya, yaitu dihapusnya dosa tahun lalu dan tahun yang akan datang.

Puasa Tarwiyah

Seperti puasa Arafah, puasa Tarwiyah termasuk puasa 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yang didahulukan. Puasa Tarwiyah tepatnya jatuh pada tanggal 8 Dzulhijjah. Puasa Tarwiyah sangat dianjurkan karena menurut hadits, puasa pada hari ini dapat menghapus dosa setahun yang lalu. Info lengkap pelaksanaan puasa arafah dan tarwiyah tahun 2022 dan tata cara niatnya bisa anda temukan melalui Netz.

Puasa Muharram

Puasa Muharram adalah salah satu jenis puasa sunnah yang terjadi di bulan Muharram, atau Tahun Baru Islam. Puasa Muharram biasanya dilakukan pada tanggal 10, yang dikenal sebagai Puasa Asyura.

Beberapa jenis puasa sunnah tersebut bisa dilakukan oleh umat Islam. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin berpuasa sunah.